Thursday, August 1, 2013

[Day 2] Gadget in TransJakarta: Anywhere, All the Time!

Halo! Udah dua hari ini gue gak ngepost karena gak nemuin inspirasi dan waktu yang cukup buat nulis. Tanggal 29-30 kemarin gue buka puasa bersama terus, pertama sama temen-temen gue disekolah: @DPSCrew, terus besoknya gue buka puasa bareng kelasan gue semasa SMP: #91Warriors di Izzi Pizza Menteng. Nah, yang beda tanggal 31 doang. Gue gak ngepost karena lagi transaksi sama pembeli perdana gue di tahun 2013, bro @deemaskitink aka Dimas Arif Septianto.

Sekilas profil pembeli gue yang super ramah dan dermawan ini nih:

Bro Dimas ini seorang Liverpudlian (fans Liverpool FC) yang juga kolektor jersey original. Buat yang sering nongkrong di Jerseyside sih mestinya sering liat beliau ini. Dan tadi yang bro Dimas beli tuh jersey gue yang ini nih:




Italy Home EURO 2012 Long-Sleeves


Kenapa dijual? Selain kegedean, gue lagi butuh uang buat beli kaen laknat (jersey) lain. Soalnya gue punya hobi koleksi jersey original yang murah aka murcelatos. Dan bro Dimas nebus jersey gue hari ini, jam 16:10 ketemuan di Indomaret daerah Matraman. Thank you bro Dimas!

Sekarang masuk nih ke cerita 'kehidupan' gue yang lain. Btw, waktu pergi buat ketemuan sama bro Dimas sih gue naik ojek, pulangnya baru naik TransJakarta. Jadi, yang bakal gue ceritain pas pulangnya aja.

Awalnya gue bingung, apa yang bakal gue tulis buat jurnal kali ini. Kesannya maksa banget naik TransJakarta cuma biar gak puasa postingan. Sepanjang perjalanan dari shelter Kebon Pala (shelter terdekat dari Indomaret), Slamet Riyadi, Tegalan, sampe akhirnya transit di shelter Matraman 1 dan nyebrang jembatan -- mungkin terpanjang kedua setelah Dukuh Atas -- ke shelter Matraman 2, gue kepikiran terus apa yang bakal jadi topik gue kali ini.

Tapi bener aja, inspirasi itu kayak cinta, datengnya tiba-tiba dan gak pake pertanda sama sekali. Tepatnya sih pas gue perhatiin keadaan dalam bis, ternyata ada sebuah keseragaman:

Carilah persamaan dari gambar diatas


See? Everyone's with their gadget! Selama perjalanan gue dari shelter Matraman 2 ke Halimun, gue hitung ada 33 orang didalam bis single (non-gandeng) ini -- termasuk penjaga pintu & pak supir. Dan percaya atau nggak, 19 orang (± 57%) dari penumpang disini terus megangin gadget mereka, kecuali gue dan sang penjaga pintu yang sesekali doang ngecek handphone. Cuma 8 orang (± 24%) yang tidur, dan sisanya (6 orang, ± 19%) berkecimpung dalam kegiatannya masing-masing; baca majalah, ngobrol, pacaran, dan nyetir.

Secepat kilat, muncul pertanyaan ini dikepala gue: "Kepikiran gak sih apa yang dilakuin gadget freaks ini selama perjalanan mereka? Betah banget pantengin layar handphone gitu?". Emang sih kepo banget, tapi kalau ngaca dari kebiasaan gue yang doyan pantengin handphone dimanapun pas lagi ada obrolan rame di social media, mungkin aja mereka; main multiplayers game atau chatting di BBM/LINE, stalking mantan/gebetan, liat-liat online shopping, atau mungkin cuma muter-muter liat aplikasi yang ada di menu biar keliatan sibuk. Sumpah ada. Ada! *merenung ke pojokan*

Bisa jadi juga mereka lagi bertransaksi kayak yang gue lakuin sama bro Dimas lewat Whatsapp kan? Ya apapun itu, yang gue liat selama ada didalam bis adalah orang-orang yang pantengin handphone-nya lebih intesif daripada waktu jaman main Tamagotchi dahulu kala.

And yes, this is the first time I snapped a photo of people in public place! Yang gue pikirin adalah kecaman, cacian, makian, dan intimidasi yang bakal gue terima kalau mereka sadar gue foto, secara CameraMuteApp gue trial day-nya selesai. #NasibPulsaless

Gue berhasil dapet foto tadi setelah ngumpulin keberanian dan banyak berdoa, dan bis pun berhenti. Tapi apa yang gue dapet? Yes, pelajaran! Pelajaran apa? Pelajaran buat lebih hati-hati. Lah emang gue kenapa? Jomplang terus terpelanting lagi? Nggak! Gue turun di shelter Dukuh Atas 2 karena kelamaan 'nge-cek' handphone dan nguatin mental buat ambil foto itu, sampe gak sadar kalau shelter Halimun udah kelewat. -_-"

Gila ya, ngingetin orang supaya lebih awas dan fokus kalau lagi didalam bis, malah akhirnya kena sendiri. Alhasil, gue terjebak bersama crowd di Dukuh Atas 2 pasca pulang kerja. Manusia oh manusia.

Jadi, pelajaran yang bisa lo ambil dari jurnal gue kali ini adalah:

• (Sekali lagi) Selalu fokus ke tujuan awal lo, kalaupun harus ngelakuin hal lain ditengah proses, jangan kelamaan! Bisa-bisa lo kebawa suasana dan malah lupa sama tujuan awal. Inget, penyesalan selalu datang 'setelah' tindakan, jadi pikirkan dulu konsekuensinya 'sebelum' bertindak. Guna menghindari kesalahan yang berujung penyesalan, bukan mengurungkan niatan (yang baik).

• Jangan remehkan hal kecil, macam gadget ini contohnya. Gak cuma gue mungkin yang pernah ngalamin hal kayak diatas. Emang sih gak ngerepotin, tapi secuil waktu lo kebuang kan karena harus ngulang? Semua cuma karena perkara kecil yang kita gak bisa handle. Kalau perkara kecil aja gak bisa kita kuasain cara penyelesaiannya, gimana mau selesain yang besar?

Sekali lagi gue gak mau menggurui, cuma sharing aja tentang hikmah apa yang gue dapetin dari kesalahan kecil gue, yang mungkin bisa jadi tuntunan untuk menjalani kehidupan. Mohon maaf selalu kalau ada kata-kata yang kurang berkenan dimata kalian.

Finally, that's all my shouts for today! Ciao!

No comments:

Post a Comment