Saturday, August 10, 2013

[Day 3] The Essence of 'Give & Share'

Wuih, lama juga gue gak update. Perkara Idul Fitri tuh emang gak bisa dibawa selo sama emak-emak, anak-anaknya pun dibawa ribet, makanya gue gak posting journal ini beberapa hari. Sebelum makin basi, gue mau ucapin:

Selamat hari raya Idul Fitri 1434 H!

Taqobalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan gue selama ngepost disini, atau perbuatan gue sehari-hari yang sengaja ataupun spontan uhuy. Semoga kita kembali ke fitrah atas seizin Allah SWT. Aamiin!



Jadi ceritanya hari ini gue ada rencana pergi ke Pondok Indah Mall 1 buat transaksi sama temen gue yang kebetulan kolektor die cast, namanya Mahesa Paskahenru (@mahesapa). Kenapa mesti jauh-jauh? Karena dia sekalian mau kursus English di Wall Street PIM jam 12, makanya dia gak bisa kalau nyamperin gue. Toh gue juga bebas dan kepikiran bakal dapet bahan untuk ditulis, makanya gue bela-belain kesana.

Start (as usual) dari Halimun, dan turun di tempat transit pertama, Dukuh Atas. Gue kaget pas liat pemandangan didepan mata gue. Hari libur gini, jalanan sepi, tapi yang mau ke arah Ragunan sebanyak ini:

Ini hanyalah permulaan, kawan.


Biasa aja ya? Soalnya yang gak biasa itu ada di ujung antriannya. Nih:

BRACE YOURSELF!!!


Itu antrian panjangnya setinggi puncak dari jembatan antar shelter Dukuh Atas. Yang bikin kaget itu karena ini hari Minggu, dan ditambah banyak yang mudik, tapi antrian sama kayak jam pulang kerja di weekdays. Entah tujuan mereka ke Ragunan sekedar untuk 'jumpa fans' atau 'silaturahim ke keluarga' disana. #NoOffense

Dari Dukuh Atas, lanjut ke Harmoni, terus rencana turun di shelter Pondok Indah 2. Sepanjang perjalanan dari Harmoni ke Pondok Indah, gue gak terlalu merhatiin jalan, paling cuma janjian sama Inang (Sabrina, @sabrinadesu) buat ketemuan di GI, sampe akhirnya gue bosen dan ketiduran dalam bis. Setelah sekian lamanya ketiduran, gue kebangun karena beberapa kali ngerasain ada yang injek kaki gue. Pas gue udah sedikit sadar, yang gue liat nginjekin kaki gue daritadi adalah anak kecil yang lagi oleng sana-sini coba seimbangin badannya sambil pegangin hal yang paling deket dari dia, tangan ibunya. Setelah kumpulin sedikit tenaga, gue langsung ingst kata-kata nyokap:

Kalau kita lagi punya, berbagilah. Lebih bagus lagi kalau memberi.

Situasi disini kan gak mungkin dong gue 'berbagi' uang sekitar 15rb biar si anak kecil itu bisa beli bangku plastik biar bisa duduk? Mana ada yang jual didalam bis? Jadi, gue laksanain omongan nyokap yang kedua, 'memberi'. Gue kasih lah tempat gue duduk tadi ke ibu itu dan anaknya. Sesuatu yang kecil, tapi bisa jadi berarti besar untuk orang lain.

Selama gue berdiri dari Permata Hijau sampe Pondok Indah 2, terlintas di pikiran gue mengenai esensi dari 'berbagi' dan 'memberi' itu sendiri, sesuai banget hasilnya dengan apa yang diomongin guru agama gue sama realita kehidupan yang gue alami belakangan ini. Dia pernah bilang:

Memberi dan berbagi dalam hal kebaikan tidak akan pernah membuat kita sulit. Hal itu layaknya uang yang kamu tabungkan di bank. Akan berbunga terus, tentunya atas seizin dan kehendak Allah SWT. Bila kamu menabung 1 kebaikan, maka Allah akan membalasnya dengan berbagai kebaikan dengan nikmat yang berkali-kali lipat.

Dan dampak yang gue alamin dari memberi dan berbagi itu massive banget! Berawal dari sedikit infaq ke masjid yang gak seberapa, hari itu juga uang gue 'dikembalikan' oleh Allah melalui makhluk-Nya dengan nominal yang berlipat ganda, Mahesa yang tiba-tiba kontak gue untuk beli die cast, menang kuis berhadiah jersey di twitter-nya sepuh jersey original super murah, Oom Gentur (@ruang_ganti), sampe dapet kabar yang dampaknya paling total ngerubah pemikiran gue yang pelit dulu: Bokap kandung gue -- yang notabene mantan suami pertama nyokap -- janji mau kasih mobil kalau proyek bisnisnya di Jakarta goal! Subhanallah kalau yang terakhir jadi kenyataan. Massive effect!

Maka mulai dari situ lah, gue percaya kalau apapun yang kita berikan ke orang lain gak bakal jadi percuma. Dimata Yang Maha Kuasa, semua ada nilainya, sekecil apapun. Baik atau buruk, akan dikembalikan sesuai amalan tersebut, berkali-kali lipat. Dari sini juga gue mulai berusaha untuk terus berbagi selama masih mampu.

Sampe di PIM 1 sekitar jam 11 pagi, gue langsung samperin Mahesa di Toys City dan selesain transaksi di foodcourt sambil nenggak segelas Chatime. Setelahnya Mahesa langsung pamit buat kursus, dan gue langsung heading to Grand Indonesia buat ketemu Inang.

Setelah dapet bis ke Harmoni di shelter Pondok Indah 1, gue langsung cari spot ternyaman setelah duduk, yaitu senderan di separator antara pintu bis dan jejeran kursi. Ya, biarpun berdiri, tapi nyaman. Dari shelter Tanah Kusir Kodim, ada seorang nenek yang masuk kedalam bis. Berhubung penumpang lagi rame banget, akhirnya si nenek terpaksa berdiri dan ngegantungin tangannya ke pegangan atas guna mempertahankan keseimbangan. Dan bodohnya, gue malah tetep senderan. Sampe akhirnya si nenek mengisyaratkan kalau dia pegel. Disitu gue baru sadar, akhirnya gue tukeran tempat sama si nenek, jadi dia bisa senderan dan gak harus ngegantung kayak tadi.

Sampe di Harmoni, Inang ngirim chat ke Whatsapp gue:

10/8/2013 12:22 PM: Sabrina Nadilla: "Gua kesono skrg deh ye udh laper wkwk kabarin aje. Btw gua bawa bocah nih, dia ngambek. Woles ye?"

10/8/2013 12:38 PM: Anggada Samira: "Yaelah slow wkwkwk asal gak dikasih brosur parenting course aja -_- Oke gue udh di Harmoni."

Gue sampe di shelter Bundaran HI gak lama dari message terakhir. Sumpah, yang gue pikirin pertama kali sesampainya di GI, terus ketemu Inang dan adeknya, Raissa nanti, dan pada liat kalo si Raissa ini mirip sama salah satu dari gue dan Inang -- absolutely Inang, namanya adek-kakak, pasti ada kemiripan fisik -- adalah itu, mbak-mbak SPG yang ngasih brosur untuk kursus merawat anak -_- Atau mungkin yang lebih parah, pemikiran orang-orang yang ngeliat sambil mikir, "Ya Tuhan, anak jaman sekarang, anak sama orangtuanya gak jauh beda". Secara kumis gue tebelnya udah saingan sama Gogon bikin penampilan gue super tua, mau pake kaos ciamik dari @FTBLGdistro (merchandise distro-nya @footballego) biar keliatan muda, tetep aja nih kumis kinyis nan manis bikin gue keliatan tua -_-".

Tapi kayaknya enggak sih, gak ada yang aneh-aneh selama jalan sampe pulang, ternyata cuma kekhawatiran lebay gue. Di perjalanan pulang dari shelter Bundaran HI sampe di Dukuh Atas, gue mikir, "Masih rame kayak tadi gak ya yang ke arah Ragunan?". Ternyata setelah nyebrang ke Dukuh Atas 2, shelter-nya udah sepi, gak ada lagi antrian panjang kayak tadi pagi. Terutama di spot antri arah Pulogadung, bener-bener 0 penumpang. I took two pictures about this moment:


Si Bapak main handphone sambil ngobrol, aku diacuhkan *makan beling*


Pak supir dan penjaga pintu bis-nya lagi ngaso, karena:

Zombie TransJakarta


Ya! Karena cuma gue penumpangnya -_- this bus is mine! Sampe akhirnya gue turun di Halimun (1 shelter setelah Dukuh Atas)

Nah, dari jurnal gue hari ini, tanpa bermaksud menggurui dan atau bersikap ria, beberapa pelajaran yang gue udah ambil adalah:

• Jangan ragu dalam berbagi dan memberi, karena Allah mempunyai nilai sendiri atas hal yang kita lakukan, sekecil apapun. Untuk pada akhirnya diberikan ganjaran sesuai amalan kita dalam kadar yang berkali-kali lipat lebihnya.

• Kadang kita ngalamin keadaan dimana kita merasa sendiri, karena diacuhkan sama orang yang ada didekat kita. Sama kayak kondisi gue didalam bis ke Halimun dari Bundaran HI tadi. Untuk kehidupan kita, kondisi ini berguna untuk menempa mental dan kemampuan bertahan kita dari diskriminasi, negatifitas, atau mungkin dari sebuah perasaan masih asing (karena masih baru) yang lingkungan sekitar kita berikan. Bisa kalian jadikan sebagai dorongan untuk maju dan membuktikan kalau biarpun harus sendiri, tapi bisa membiasakan diri, dan bisa berhasil menjalankannya. Tapi jangan lupa untuk tetap berbuat baik ke semua orang, bagaimanapun dia memperlakukan kita. Bakal berguna banget buat yang mau nge-kost karena keluar kota untuk kuliah nih!

And that's my shouts for today! Hope my journal can give us some lessons and make us think about the positivity that life can give. Ciao!

4 comments:

  1. Baru aja baca dr postingan paling pertama...udah sampe sini aja. Keep up the great work!

    ReplyDelete
  2. Halo Jimbo, hai Naura! Makasih banyak loh udah mau baca blog ada-adaan gue ini :D will keep on writing and improve my writing ability! Thanks a lot for more! :D

    ReplyDelete
  3. niat ya nulisnya banyak dan sarat moral, jauh sama blog gw hahaha. lanjutgan

    ReplyDelete