Friday, August 30, 2013

[Feature] #NyasarTraveller (Part I)

Hai! Kacau nih, lamanya waktu vacuum gue nulis kurang lebih sama kayak liburan semester anak SMA ditambah beberapa hari bolos guna penyesuaian waktu biar bisa ikhlas melepas masa liburannya. Yap, 16 hari gue vacuum nulis. Apa aja yang gue lakuin sampe lama absen?

Pertama, ada beberapa acara perpisahan bareng temen-temen gue yang udah mau mulai kuliah diluar Jakarta. Kedua, gue dan Gendra (@gendrajimi) pergi 'liburan' ke Bandung. Kenapa gue tekankan di kata 'liburan'? Karena sebenernya lebih pantes disebut sebagai 'luntang-lantung' di Bandung, ketimbang diartiin jadi liburan. Atas dasar itulah, makanya gue kasih judul kali ini sebagai: #NyasarTraveller.

So, gue sama Gendra ketemuan di Sarinah jam 12 siang tanggal 17 Agustus 2013, soalnya jam 2 kita udah mesti siap-siap buat berangkat dari post Baraya Travel disana. Jadilah gue makan siang dan solat dulu disekitaran Sarinah, Thamrin. Singkat cerita, kita berdua udah masuk didalem mini van bareng 9 orang lain (plus supir) yang pergi ke arah Pasteur. Gue dan Gendra duduk di bangku paling belakang, Gendra dipojok kiri belakang, dan gue disebelah kanannya, dibagian tengah belakang. Nah, dipojok kanan belakang, seat sebelah gue, diisi sama seorang laki-laki bergaya mahasiswa trendy; rambut gondrong, kaos abu-abu, denim dan classic Converse shoes.

Selama perjalanan, suasananya sekondusif kelas matematika yang diajar sama guru killer yang hobi ngasih soal susah dipapan tulis dan nunjuk beberapa orang buat maju kedepan buat coba ngerjain: yap, sunyi senyap. Suasana yang kayak gini nih memancing siapapun buat tidur, lebih cepet efeknya dari obat bius. Jadilah gue sama Gendra tidur sambil ngebekap tas masing-masing. Sebenernya ada bagasi, cuma tadi buru-buru karena Gendra kebelet buang air kecil pas jam 2, jadilah kita telat berangkat beberapa menit. -_-

Selama tidur, gue cuma dengerin playlist di handphone gue yang notabene isinya Monkey Majik (cc: @MonkeyMajikID) semua. Buat yang belum tau, Monkey Majik ini adalah band Jepang yang dikomandoi 2 orang Kanada (Blaise & Maynard Plant) ditambah personel lainnya yang memang asli orang Jepang.

Lanjut, ada hal lucu terjadi didalem mini van itu pas gue tidur. Begitu gue bangun tidur, si Mahasiswa-Man yang sebelumnya duduk dengan kaki terbuka lebar selayaknya dia sendiri yang isi seat paling belakang, sekarang duduknya udah nyempil ke pojok kanan. Awalnya gue pikir dia kedinginan atau nahan kebelet. Ternyata, belakangan yang gue tau dari Gendra, dia mulai duduk dengan pose suram gitu setelah gue yang tidur tanpa sandaran itu, perlahan jatohin kepala ke kanan, mengarah ke bahunya. Usaha yang baik demi menghindari ke-awkward-an diantara kita, bung.

Nyampe di Tol Pasteur sekitar pukul 15:40, tiba-tiba si Mahasiswa-Man minta diturunin dipinggir jalan sebelum ujung jalan tol. Mungkin dia mau kearah lain, tapi dari lubuk hati gue yang paling dalam, gue merasa dia buru-buru turun akibat insiden itu. Maafkan saya, Mahasiswa-Man!

Sekitar 20 menit kemudian, gue dan Gendra sampe di post Baraya Travel di Pasteur, deket sama Lapangan Gasibu yang lagi ramai sama acara 17 Agustus-an. Turun dari sana, Gendra ngajak jalan dulu, sekalian cari penginapan yang dekat. Berhubung dana gue minim, jadilah gue minta untuk cari penginapan yang rates/malamnya di kisaran 200rb. Jadilah kita jalan untuk nanya arah menuju Dago, secara gue dan Gendra bukan orang yang sering travelling tanpa orangtua. Setelah jalan sekitar 20 menit, kita berhenti dulu di Bank Mandiri di Surapati buat solat Ashar, soalnya udah jam 5 sore juga. Selesai solat, kita lanjut jalan dengan niat menuju ke Dago, sempet lewatin Gedung Sate juga. Tapi bukannya ke Dago, kita malah sampe di Lapangan Gasibu tadi. Ternyata, kita cuma puterin trotoar disekitaran Pasteur-Surapati. -_-"

Berhubung udah jalan kaki kurang lebih 35 menit, gue dan Gendra sepakat juga buat istirahat sekalian makan dan minum dulu. Buburnya enak, teksturnya lembut biarpun terlalu kental bin lengket. Harganya juga murah, cuma 12rb udah dapet ati-ampela, telur, suwiran ayam, sama kacang! Liat aja nih Gendra makan bahagia banget:

Laper, Pak Turis? Emang enak sih!

Udah kenyang makan plus istirahatnya, kita lanjut jalan lagi ke arah Dago. Yang ini pasti bener, soalnya naik angkot yang sebelumnya udah kita tanya bakal lewat Dago atau nggak. Turun didepan jalan raya Dago, kita lanjut jalan kaki, berharap bakal nemuin penginapan dekat sini. Banyak sih yang murah, tapi kamar dengan rate 200rb/malam udah full-booked. Yaudah, lanjut lah kita jalan ke arah Nike Store dideket sana.

Gue ngerasa diperhatiin sama satpam yang jaga, secara kita bawa tas gede bin penuh, ditambah lagi Gendra yang pakaiannya bak turis; training jacket, celana cargo pendek dan sandal, sedangkan gue sendiri urakan banget kayak anak band; jaket jeans, celana pendek dan sepatu. Gendra sih sebenernya yang mau kesana, soalnya dari beberapa hari lalu dia lagi cari jersey Indonesia Home AFF Suzuki Cup 2010 (Final vs Malaysia), dan berhubung lagi sale 50% disana, masuklah kita berharap dapet yang dia cari. Tapi alhasil, yang dicari pun gaada. Selesai liat-liat, kita lanjut jalan dan transit di Circle K sambil nelepon beberapa tempat penginapan yang ternyata udah pada booked. So, jalan lah lagi kita sampe ke Simpang Dago.

Waktu sampe di McDonald's Simpang Dago itu udah sekitar jam 9 malam. Udah capek, belom dapet penginapan pula, akhirnya kita coba tanya lah penginapan paling murah dekat sini. Informan kita bilang ada hotel yang rates per malam nya dibawah 200rb, namanya Puspa Kencana Hotel, diseberang Hotel Scarlet. Jadilah gue sama Gendra jalan sedikit, dan emang deket banget Hotel Scarlet itu. Diseberang hotel itu ada pangkalan ojek, dan ternyata pangkalan ojek itu pas banget adanya didepan Puspa Kencana Hotel ini. Gue sama Gendra sempet urungin niat buat masuk kesana, karena kesan pertama yang diperlihatkan hotel ini lebih ke kesunyian, ketimbang kenyamanan.

Akhirnya gue coba lah cek rates kamar di Hotel Scarlet. Sebenernya kalo liat dari tampilan luar hotel ini, udah pasti fancy dan out of budget. Dan bener aja, kamar paling standard disana harganya di kisaran 1 juta rupiah. Setelah nerima fakta kehidupan yang pelik ini, kita semakin berani buat masuk ke Puspa Kencana Hotel. Dan bener aja, yang gue dapetin adalah suasana sunyi, mana cuma ada satu mobil disana, itu juga pasti mobil pengurus hotel, pikir gue. Emang sih murah banget, kamar dengan twin bed -- secara gak mungkin gue udah sekamar sama Gendra, harus satu kasur pula, mau ditaro mana serpihan reputasi gue setelah malam itu? -- harganya 125rb.

Tampilan dari depan ketika malam
Setelah masuk kamar, yang gue rasain adalah 'asing', serasa tinggal dikamar buyut gue, tua banget sampe gue aja gak berani ambil foto kamarnya. Udah gitu, yang lebih kocak adalah kunci slot didalam kamar itu pengganjalnya bukan besi, melainkan: PULPEN!

Creativity Level: Rubik's Cube Master!

Itulah hal yang bisa gue banggain dari hotel ini, si penjaga lumayan kreatif untuk mengakali kekurangan kamarnya dengan hiburan semacam ini. Gue sama Gendra langsung solat, terus keluar cari makan. Nah, disini ada fakta lucu lagi. Pas kita keluar, gue lupa sama jam tangan gue yang ada didalem kamar. Gue mintalah Gendra buat bukain pintu pake kunci yang dikasih. Dan tau apa yang terjadi? Slot kunci di pintu kamar ini udah jebol! Untung Gendra hatinya sehalus salju biarpun mukanya segahar induk singa, jadi pintunya bisa dibuka setelah 10 menit ada didepan pintu.

Udah ambil jam tangan, kita keluar lagi buat lanjut cari makan. Gak mau jauh-jauh, kita makan di Waroeng Steak. Gue tau di Jakarta juga ada, tapi paling deket dan gak mainstream ya ini! -- emang sih ada McDonald's, tapi siang tadi di Sarinah gue udah makan Big Mac, jadi thanks, not twice for today, cholesterol!

Balik ke hotel sekitar jam 10 abis makan, kita buang waktu 10 menit lagi buat buka pintu kamar. Mungkin Gendra belum menemukan chemistry yang klop dengan pintu tersebut. Setelah berhasil masuk, gue cek linimasa (timeline) twitter dan ternyata lagi rame ngomongin film "5cm" yang ditayangin RCTI!

"Akhirnya ada kesempatan nonton filmnya Raline Shah", itu yang terbesit dipikiran gue sebelum akhirnya menerima kenyataan pelik (lagi), bahwa TV dikamar gue warnanya cuma hitam-putih. Lengkap lah sudah ke-vintage-an hari ini dengan nonton film sambil bayangin sendiri warna yang muncul dilayar dalam pikiran gue. Setelah nonton sambil chatting dan cek linimasa Twitter, kita tidur -- di kasur masing-masing ya! -- karena besok ada rencana untuk ngebolang lagi, yang notabene bakal cari tempat nginep baru dong! *yay*

Itu adalah cerita gue di 'malam kesatu', secara gak mungkin gue bilang 'malam pertama' kan, bisa disangka geser nanti orientasi gue.

Pelajaran yang gue ambil dari perjalanan gue di tanggal 17 Agustus 2013 ini adalah:

• Jadilah orang yang terencana. Karena itu bakal meminimalisir kemungkinan kita untuk buang waktu, biarpun sekali lagi, Tuhan yang menentukan segala. Contohnya yang gue alamin tentang cari penginapan. Mestinya gue udah booking tempat dari lama dong untuk nginep, tapi karena gak terencana dan terlalu meremehkan hal kecil seperti ini, akhirnya gue malah luntang-lantung jadi #NyasarTraveller di Bandung. Untung ada Gendra yang jadi temen bertualang gue. Kalau sendirian, mungkin gue udah balik lagi ke Jakarta jam 8 malam. Jadi sekali lagi, kalau punya rencana, dipersiapkan dulu segalanya serapi mungkin, jadi lo bisa nikmatin liburan.

• Ketika lo meremehkan sesuatu, alam akan mempersulit lo. Itu yang gue alami. Perkaranya? Sama seperti yang gue deskripsikan diatas.

• Syukuri atas apa yang lo dapat dari hasil yang lo tanam. Lo gak mungkin dapet buah anggur dari pohon jambu. Jadi ketika lo terlalu meremehkan detail kecil, justru sebenarnya itu bisa berdampak besar untuk kedepannya. Tapi toh sekali lagi, itu yang udah lo tanam, jadi bersyukurlah atas apa yang lo dapat. Gue emang masih belum bisa bersyukur atas apa yang gue dapat dari keteledoran gue, padahal masih untung dapet penginapan yang dibawah budget, masih juga ngeluh. Pemakluman yang biasa keluar dari mulut kita sih: "Ya, namanya juga manusia, tempatnya khilaf dan alfa.", tapi setelah ini, gue jadi berpikir kalau pemakluman kayak gitu cuma digunain sama mereka yang mencari aman. Maka dari itu, kedepannya gue berniat untuk lebih terorganisir.

Okay, so that's all my shouts for today! Thank you for reading it patiently. Ciao!