Sunday, September 8, 2013

[Day 5 to 9] Gentle-isasi

Beberapa hari lagi nih gue vacuum untuk ngepost, karena berbagai urusan dan kegiatan Mahasiwa Baru (Maba) yang super dituntut untuk sempurna dimata senior. Hari ini bakal gue ceritain tentang 5 hari dimana gue dapet topik untuk jurnal di blog gue ini. Kita langsung mulai deh ya dari hari pertama, Pra-PDKT:

[Day 5] Sabtu, 31 Agustus 2013 - "Semangat Pagi!"
Di hari Sabtu yang cerah bin super panas ini, gue udah mesti berangkat ke kampus Akademi Telekomunikasi Telkom Sandhy Putra Jakarta dari jam 7 pagi. Kenapa? Karena ada briefing untuk acara PDKT (Pengenalan Dasar Kampus Telkom), ya bisa dibilang PDKT itu adalah acara ospeknya kampus Telkom.

Berangkat dari Halimun menuju Jembatan Gantung, gue nemuin satu topik yang lucu, tapi begitu menampar gue -- dan juga seharusnya kita sebagai generasi penerus bangsa. Foto inilah yang sangat menampar pikiran gue:


Lihatlah wajah si pemuda itu, begitu tertekan.

Itu masih sedikit lewat dari jam 7 pagi di daerah Bunderan HI, dan lihat kah kalian? Masih ada yang tidur! Padahal mungkin ayam-ayam di Bumi Indonesia udah begah sarapan dan mulai siap-siap tidur lagi. Oh ya, perhatiin juga deh efek trauma yang diterima si pemuda itu. Teori yang merujuk pada suatu fakta ini mungkin akan disetujui para professor:

Efek kejut yang diberikan kepada orang asing yang tidur bersandar di bahu anda, terutama apabila ia laki-laki, dapat menimbulkan aftermath yang fatal: Trauma.

Gak percaya? Coba perhatiin muka si pemuda diatas dengan baik (kalau perlu lo zoom in). Masih gak percaya juga? Silahkan cari laki-laki yang keliatan ngantuk didalam kendaraan umum, terus pasang bahu lo buat dijadiin sandaran kepalanya. Selamat mencoba!

Itu baru foto pertama. Ada foto kedua yang gue ambil secara diam-diam juga. Foto yang gue ambil di shelter Jelambar, mungkin terlihat begitu horror-vulgar. Bila tidak cukup berani untuk melihat, silahkan lewati saja:

"Santai santai kek di pantai" -Bang Ambon, Pembina PDKT Akatel Jakarta 2013

Oke banget kan? Mungkin begitu cara beliau menikmati hidup dan melepas segala kepenatan duniawi. Selamat tidur, Pak!

[Day 6] Senin, 2 September 2013 - "Diamonds in Swamp"
Malam pertama gue naik TransJakarta setelah ospek perdana, dilengkapi dengan kondisi yang tertatih. Bukan! Bukan karena gue jadi model video klip salah satu band papan atas Indonesia, tapi karena kaki gue keduanya lecet akibat gesekan sepatu pantofel yang kekecilan -_-

Menuju Dukuh Atas, gue udah gak peduli gimana penampilan gue dimata penumpang lain, yang ada cuma: "KAPAN SAMPE RUMAH?!". Asli; kaki sakit, kepala pening, badan udah gak karuan gerahnya dan pegel sekujur badan.

Sampe di Dukuh Atas jam 7 malem, gue disuguhin pemandangan antrean panjang ke arah Pulogadung, yang ramenya sekitar sepertiga dari panjang jembatan Dukuh Atas. Dalam hati, gue mikir: "Gila, bisa sampe jam berapa ini? Mana capek, duit tinggal DUA RIBU RUPIAH -- soalnya emang gak disaranin bawa banyak uang selama ospek -- yaudah lah, semoga 23 masih ada deh". Nah 23 itu adalah nomor mikrolet yang jurusannya ngelewatin Dukuh Atas dan Manggarai.

Jadi, jalan kaki lah gue dengan tergopoh-gopoh, berharap 23 lewat depan mata gue (terlalu mendramatisir). Tapi sepanjang jalan, sampe lampu merah ke arah Halimun, gue tetep gak ada mikrolet 23 yang muncul. Kehilangan semangat, akhirnya gue ngacungin jempol, terapin teknik yang dipake Jeremy Marie (hitch-hiking as a hitchhiker) untuk bisa keliling dunia dengan cara 'nebeng'.

Sekitar 5 menit gue acungin jempol disana, tapi yang ada gue malah dikasih lampu dim dan klakson doang -- biasa lah, tipikal orang Jakarta. Pasrah sama keadaan, gue berencana untuk jalan kaki dari Setiabudi sampe Halimun, karena gak mungkin gue minta jemput atau naik kendaraan umum selain mikrolet/bis -- soalnya lagi gak ada orang dirumah, mau bayar pake apa?

Tapi, ketika gue balik badan, ada dua pengendara motor yang perhatiin gue dari kejauhan. Pas gue deketin, mereka keheranan liat gue: pake kemeja putih panjang, dasi kupu-kupu, slayer pink, celana bahan panjang yang dimasukkin kedalam kaos kaki pink (kanan) dan putih (kiri), plus sepatu pantofel, sambil berjalan menyeret di trotoar.

Mereka berdua manggil gue dan kemudian nanya:

Bro 1 & Bro 2: "Mau kemana, mas? Kok keliatan daritadi angkat jempol gitu?"

Gue: "Mau balik bang, abis ospek dari Daan Mogot"

Bro 2: "Oh, ya udah, gue anter aja deh. Emang mau kemana, mas?"

Gue: "Saya ke Manggarai, bang. Sampe Halimun juga bisa"

Bro 1: "Lo Manggarai dimananya? Gue lewat sana juga kok, ke arah Jl. Minangkabau"

Gue: "Di Ungaran Ujung, bang, di Pasar Manggis. Lewat sana juga, bang?"

Bro 1: "Yah itu mah suka gue lewatin juga! Ya udah, lo bareng gue aja. Bro, dia sama gue aja. Pas banget gue juga bawa helm dua nih, takutnya misalkan sama lo nanti malah ditilang kalo ada polisi depan simpangan arah Kuningan", jelas beliau ke Bro 2.

Bro 2: "Oke deh, hati-hati lo berdua. Gue balik duluan."

Bro 1: "Sip, hati-hati bro. Ya udah naik, bro. Tunjukkin aja nanti mana rumah lo"

Gue: "Serius, bang? Iya makasih, bang!"

Lo gak bakal bisa jelasin gimana rasa bahagianya gue hari itu; Dapet tebengan yang tak terduga, dan searah sama lo! Bener-bener suatu hal yang langka yang ada di Ibukota. Sepanjang perjalanan, dia ngenalin dirinya, namanya Radit. Bro Radit ini kerja di Bank Mandiri cabang Kota. Alasan dia nolong gue, karena dulu dia pernah ngerasain jadi gue: Jalan kaki jam 2 pagi dari tempat kerjanya dulu di Shangri-La Hotel ke rumahnya di Jl. Minangkabau. Even there were no public transportation passing by at all, he said.

Gue merasa diberkahi banget malam itu. Ketemu orang super friendly yang ngasih tebengan dan gak berhenti ngajak ngobrol buat cairin suasana, biarpun dia sempet bilang kalo awalnya dia pikir gue orang gila atau setengah stress (gue bold biar pada seneng deh ya -_-). Bodohnya, gue gak minta foto, nanya kontak atau akun twitter. Bahkan gue gak nanya nama lengkapnya. But anyway, thank you, Bro Radit! Hope to see you again in different occasion and situation!

[Day 7] Selasa, 3 September 2013 - "Tepat Walau Tergesa-Gesa"
Malam kedua selesai ospek. Kali ini gue berangkat dari shelter Jembatan Gantung jam 6 sore. Thanks to Wulan Kana Sari nih, temen gue yang bayarin tiket TransJakarta karena tadi sedikit gue bantu pas ospek. Soalnya pas banget hari ini gue gak bawa uang sama sekali. Tadi pagi perginya juga dianter oom naik motor.

Sepatu pantofel udah gue ganti, jadi sedikit lebih nyaman deh kaki gue sekarang. Tapi tetep aja, udah nunggu 45 menit disana, gak ada bis yang angkut satu penumpang pun. Akhirnya gue naik TransJakarta bahan bakar gas yang perlu siapin tarif tambahan 5rb rupiah untuk bisa menumpang, lumayan lah ketimbang harus nunggu yang gak pasti. #GalauAlert

Di situasi kayak gitu, jujur aja gue gak bisa sabar, tapi akhirnya gue diharusin untuk bisa memutuskan pilihan. Gue gak bisa sabar arena gue panik dan udah kepalang capek, kepikiran harus cari perangko, sedangkan kantor pos tutup dari jam 5 sore pula. Anyway, di bis itu pun gue dapet temen baru, namanya Alfat (@alphard19584). Awalnya dia bilang namanya kayak nama mobil, jadi gue panggil Alphard. Eh, belakangan gue tau dari nametagnya kalo namanya Alfat, bukan Alphard. -_-

Sedikit info mengenai bis ini -- karena gak ada cerita yang bisa diangkat hari ini -- adalah karena additional tariff-nya yang lumayan mahal (Rp. 5.000,-), jadi untuk yang cari kenyamanan, cocok banget naik bis ini. Karena sepinya bis ini bikin keadaan didalamnya jadi super adem, udah gitu leluasa untuk yang bawa banyak barang kayak gue selama ospek itu. Sayangnya, kalau dari Jembatan Gantung tadi, transit akhirnya di Grogol, jadi gue mesti nyebrang lagi untuk bisa sampai Harmoni.

Biarpun terkesan buruk, tapi setidaknya dalam ketidaksabaran dan ketergesa-gesaan itu, gue berhasil bikin pilihan yang tepat buat diri gue. Sampe akhirnya gue bisa mendarat di Dukuh Atas buat nunggu jemputan sekitar jam 8 malam. Not too bad!

[Day 8] Kamis, 5 September 2013 - "Berani, Percaya Diri, Tegas! (B.P.D.T)"
Gue skip hari Rabu tanggal 4 September 2013, karena emang gue dan Angkatan 12 Akatel Telkom Sandhy Putra Jakarta nginep di Ciseeng: outbound sekalian diberi pengarahan sama Alumni. Seru abis pokoknya! Banyak ilmu yang gue dapet disana. Beberapa ilmu itu gue terapin di journal hari ini: Berani, Percaya Diri dan Tegas (tentu dalam kebenaran ya).

Perjalanan dari Jembatan Gantung-Harmoni emang lancar, sama sekali gak ada kendala. Mungkin karena pulangnya lumayan 'siang', yaitu jam 4 sore -- biasanya jam 5 atau jam 6 sore. Tapi, situasi yang mengharuskan gue terapin ilmu dari Bang Ian, Bang Didin, Bang Agung dan beberapa Alumni lain terjadi di perjalanan Harmoni-Dukuh Atas.

Kepadatan penumpang di shelter Harmoni bikin nyesek. Mana gue bawa satu kantong pakaian kotor ditangan kiri yang isinya air berlumpur, dan dua ember besar berisi emergency lamp dan pakaian ditangan kanan. Udah capek, badan keringetan gak karuan, di bis sumpek, barang bawaan gue juga pastinya bikin risih penumpang lain. Gak enak sih sama penumpang lain, tapi mau gimana lagi kan? Just gotta flow with it.

Keadaan makin sesak pas banyak penumpang masuk di shelter Bank Indonesia. Gue makin pesimis bisa keluar di Dukuh Atas kalo keadaan di bis sepadat ini, mana gue ada di seberang pintu keluar, terpaksa senderan karena dorongan dari penumpang yang baru masuk. Kondisi sama terus sumpeknya sampe di Tosari ICBC.

Setelah dari Tosari, shelter selanjutnya itu adalah tempat transit gue, shelter Dukuh Atas. Waktu voice alert udah suruh penumpang untuk siap-siap untuk turun, yang gue inget dari omongan Bang Ian adalah,

Lo harus bisa Berani, Percaya Diri, dan Tegas dalam situasi apapun! Kita ini bakal jadi teknisi yang harus sigap kapanpun. Jangan jadi keledai yang cuma bisa ikutin nasib, apa-apa pasrah, apa-apa nurut!
Jadi, gue beranikan diri untuk bilang, "Permisi, pak. Maaf mau lewat". Awalnya gue pikir respon mereka bakal ngedumel ke arah gue dan jadi dorong-dorongan untuk kasih jalan. Tapi nggak, gue makin ngerasa yang Bang Ian bilang itu bener! Seakan maksud dari omongan itu adalah:
Ketika lo bisa satuin Berani, Percaya diri dan Tegas, maka lo bisa ubah hal yang mustahil, jadi berhasil
Gila, mereka gak dorong-dorongan kayak kalo misalnya lo asal nerobos ala anak rusuh. Yang ada malah mereka keluar satu per satu, dan masuk lagi setelah gue berhasil keluar. Salut!

Sisanya, gue dijemput kayak biasa, no more interesting occasions. So, thanks Bang Ian, Bang Didin, Bang Agung dan Abang-abang Alumni!

[Day 9] Jumat, 6 September 2013 - "Krisis Gentle-isasi"
Ini adalah malam terakhir gue ngerasain ospek. Penutupannya seru banget! We feel blend with the seniors there! Insanity!!! Tapi, gue dapet cerita yang lucu-nyinyir, bikin agak gondok dan semakin menunjukkan ke-egois-an makhluk Jakarta, terutama dari kaum Adam.

Bawaan gue gak ribet, ditambah perjalanan gue sangat nyaman hari ini. Tapi, kegirangan gue hari ini cuma sebentar, semua berakhir waktu gue naik TransJakarta dari Harmoni menuju Dukuh Atas. Baru masuk bis aja, selain harus berdiri tanpa pegangan atau senderan, ditambah gue diberi suguhan pemandangan memalukan seperti ini, silahkan perhatikan:

Ada yang aneh kan? Jelas!
If you don't realize about what's happen in that picture, then I have got to recognized you as one of 'woman-ish boy'. Kenapa gue jadi dumelan gini? Karena kalo lo sadar, ada dua wanita yang berdiri, sementara beberapa 'cowok' duduk dengan kalem di kursi masing-masing -- lebih parahnya yang satu lagi berdiri didepan si 'cowok'.

Gue gak ngerti lagi, what the heck is happening in this city?! Ada empat wanita berdiri didalam bis, sedangkan banyak 'cowok' duduk manis layaknya anak playground belajar bicara dikelas. Mau kasih teguran, nanti terkesan mau jadi pahlawan kesiangan (soalnya, kayaknya wanita itu berdiri udah lumayan lama). Sampe akhirnya, ada satu kondisi dimana gue harus keluarin ilmu dari Bang Ian: Berani, Tegas dan Percaya Diri (BPDT).

Pas gue lagi mikirin cara buat negur 'cowok-cowok' itu, gak sengaja gue denger pembicaraan pasangan dibelakang gue (kayaknya pasangan si laki-laki ini lagi ada tamu atau hamil muda), soalnya gini:

Wanita: "Mas, perut aku sakit banget, capek juga daritadi"

Pria: "Ya udah kamu sabar dulu ya, tunggu ada kursi kosong dulu"

Pas denger ini, seketika gue beraniin diri buat nanya ke pasangan si wanita tersebut:

Gue: "Mas, mau ke arah mana?"

Pria: "Blok M, mas". Gila, padahal itu masih ngarah ke Bank Indonesia!

Gue: "Wah, kalo gitu minta mas yang itu berdiri aja, mas" *nunjuk laki-laki berkaos hijau dibelakang si pria itu*

Tapi, si pria itu malah diem kebingungan, gak tau gimana cara mintanya mungkin. Berhubung gue juga ada niatan nyindir-nyinyir 'cowok-cowok' didalam bis, jadi gue mulai buat minta pengertian laki-laki berkaos hijau itu:

Gue: "Mas, boleh gantian duduknya sama mbaknya? Maaf nih, mas kalo ganggu"

Mas Kaos Hijau: "Oh iya gapapa, maaf nih, mas. Silahkan, mbak"

Pria tadi itu yang pake kemeja hitam, bersama wanita tadi. Dan yang berdiri ini Mas Kaos Hijau yang gentle itu.
Setelah kejadian itu, harapan gue sih tiga wanita yang lain bakal dikasih tempat duduk oleh para 'cowok-cowok' yang telah bermetamorfosis menjadi pria tersebut. Tapi kenyataannya? NIHIL!!! Yang lebih miris, malah ada 'cowok' yang sigap ngisi tempat duduk yang kosong karena si penumpang sebelumnya udah turun di shelter Tosari ICBC. Bener-bener Krisis Gentle-isasi.

Sepanjang perjalanan yang menyisakan shelter Dukuh Atas itu, gue cuma bisa tertawa miris-nyinyir melihat kenyataan menjijikkan yang dilakukan 'cowok' Ibukota didepan mata gue. Entah mereka egois atau emang banci, tapi gue anggap mereka punya dua sifat itu.

Oh! Finally, berikut ini bakal gue paparin esensi dari cerita gue 5 hari ke belakang itu. Here they are:

[Day 5] Sabtu, 31 Agustus 2013 - "Semangat Pagi!"
Kalimat ini yang bikin gue sadar kalo semestinya kita harus selalu punya semangat pagi hari. Kapanpun! Entah pagi itu sendiri, siang, sore, tengah malam, lagi sakit, atau mungkin tertimpa musibah. Kalimat yang dilontarkan Bang Luthfi saat briefing PDKT hari ini, sebagai penyemangat kita mengikuti PDKT. Jangan kalah sama ayam, yang dari pagi aja udah bangun untuk cari makan. Masa manusia, terutama laki-laki yang mestinya cari nafkah, dan yang derajatnya lebih tinggi juga diberi akal sebagai kelebihan malah masih tidur dan buang waktu? Semangat pagi!

[Day 6] Senin, 2 September 2013 - "Diamonds in Swamp"
Gue sempet gak percaya, di Indonesia yang orang-orangnya terkenal individualis, masih ada yang punya akal sehat dan niat baik untuk menolong yang membutuhkan. Gue gak mau memposisikan diri gue sebagai pengemis disini, tapi kedua orang itu berhasil membuat gue terlihat seperti pengemis yang mukanya sumringah ketika diberi bantuan. Thank you, Bros! Terutama Bro Radit!
As human, we have to be more sensitive to our environment. Cause we are social creature. So: Be a diamond in swamp! Your shiny inner-beauty will shown up, and people will try to get to be near you.
[Day 7] Selasa, 3 September 2013 - "Tepat Walau Tergesa-Gesa"
Sabar adalah kunci untuk mendapat sesuatu yang besar pada saat yang tepat nanti. Tapi, untuk menjadi seseorang yang mampu mendapatkan suatu hal besar dan sesuai tujuan pada saat yang sepadan dengan pengorbanan lo, selain kesabaran, lo butuh kemampuan untuk memilih keputusan secepat mungkin untuk diri lo, di momen segenting apapun. Karena terkadang kita harus berada dalam kondisi tertekan dan tergesa-gesa untuk mampu mengeluarkan seluruh potensi kita.

But still, semua yang kita lakukan, hasilnya tetap sesuai dengan ridho Allah SWT. Asal tetap bersyukur, pilihan lo gak akan pernah menjerumuskan diri lo kedalam kesalahan yang kekal, karena yang kekal hanya Sang Pencipta. Once you do a mistake, get up and fix it soon!

[Day 8] Kamis, 5 September 2013 - "Berani, Percaya Diri, Tegas! (B.P.D.T)"
Tiga poin tersebut, bukan hanya patut diterapkan oleh calon teknisi, tapi juga oleh seluruh umat manusia. Jangan mau terlihat kecil dimata orang lain. Kalau lo begitu, maka jangan marah kalau orang-orang disekitar lo menginjak martabat atau bahkan memperlakukan lo lebih parah dari itu. So, be B.P.D.T = Berani, Percaya Diri dan Tegas!

[Day 9] Jumat, 6 September 2013 - "Krisis Gentle-isasi"
Gue gak mau komentar banyak disini, cukup kesadaran kita aja sebagai manusia, terutama laki-laki yang kodratnya adalah sebagai pemberi kenyamanan bagi kaum Hawa, untuk saling menghargai dan menjaga. Cuma tetep gak habis pikir, masih ada ya orang dewasa (di umur) yang bisa bersikap gak gentle gitu. Miris!!!

That's all my shouts for today! Enjoy it word by word, readers! Ciao!!!


*NB: Tanggal 4 September 2013, tepatnya hari Rabu kemarin, temen #NyasarTraveller gue, Gendra (@gendrajimi) berangkat ke Italia untuk ngelanjutin kuliah dan cita-citanya sebagai Ahli Gizi.

Thank you udah nemenin gue waktu di Bandung dan bersusah ria sebagai #NyasarTraveller, Bro! Sukses disana, jangan lupa temen yak!

1 comment:

  1. Jujur nyesel baca artikel ini, nyasar krn lagi cari info ttg semacam studi gender. Saya laki-laki btw. Saya tau ini artikel 2013, tp te2p kaget, 2013 pun sudah era modern kok masih ada konsep kayak gini (bagian gentle-isasi), saya mau tanya dulu: 1. Anda tau kan yg wajib diberi duduk itu hanya ibu HAMIL, lansia, gendong bayi dan disabilitas?, 2. Kalau si bro Radit yg nolong anda ternyata yg duduk di sana, anda akan hina dia kalau seandainya dia tetap duduk?) Anda baru saja ditolong oleh laki-laki sudah sewot dan sirik liat laki-laki duduk lain di transjakarta pdhl wanita yg berdiri itu msh muda, bukan prioritas (nenek2 atau hamil). 2013 itu sudah ada ruang khusus wanita lho, bukankah demi kepentingan bersama seharusnya lebih banyak wanita muda berdiri di RKW, ketimbang berdiri di area padat? Di mana logika anda? Saat ini sudah 2019, apa anda tau perkembangan yg terjadi, justru wanita (terutama yg muda) jauh lebih byk dikritik ttg egois di kendaraan umum, anda pernah tau di transjakarta jarak jauh pernah ada kejadian bapak2 gak bisa duduk pdhl byk kursi kosong di ruang khusus wanita (padahal wanitanya bisa pindah DUDUK ke RKW, itu aja para wanita gak mau), skrg saya harus beri duduk wanita (selain yg hamil, gendong bayi dan lansia) saat MEMANG tidak ada tempat duduk? Ya tidak aka bisa Ferguso! saya tidak akan mau, Anda mau bilang apa? Laki-laki gentle juga ada saatnya harus tegas, selalu memangjakan orang (dalam hal ini wanita) bukan indikator sikap tegas. Kalau laki-laki yg anda paksa berdiri ternyata lagi sakit, anda gak merasa dosa? Minimal anda bisa hargain perbedaan pendapat kan, minimal ingat satu hal: selama yg berdiri bukan penumpang prioritas (ibu HAMIL, gendong bayi, lansia, disabilitas), anda TIDAK boleh memaksa orang kasih duduk termasuk dg alasan jenis kelamin. kalau saya yg ada di sana saya TIDAK akan kasih (kecuali wanitanya hamil, nenek2 atau gendong bayi), anda mau bilang apa? bisa aja laki2 yg udah anda hina2 gak gentle, ternyata besok anda butuh pertolongan dia, jgn sembarangan. Saya pribadi selain penumpang prioritas justru lebih senang beri duduk saya ke penumpang lelaki yg keliatan capek kerja, daripada ke cewek2 yg dari mal main HP. Apalagi utk case transjakarta wanita seharusnya memenuhi RKW dulu (kecuali sudah penuh baru ke area umum). Terima kasih.

    ReplyDelete